TIPS DAN TRIK CERDAS DAPAT BEASISWA LPDP

Salah satu cara yang tergolong paling populer untuk digunakan sebagai sarana melanjutkan kuliah adalah beasiswa. Terlepas dari apakah kuliahnya itu di dalam atau di luar negeri, beasiswa sudah menjadi sebuah solusi pembiayaan yang diandalkan banyak orang. Beasiswa itu sendiri sangat banyak macamnya mulai dari yang disediakan oleh pemerintah, universitas, hingga yang disediakan oleh pihak-pihak swasta atau organisasi-organisasi pendidikan. Khususnya di Indonesia saat ini satu beasiswa yang sangat populer adalah beasiswa LPDP yang merupakan beaiswa dari Pemerintah Indonesia melalui beberapa Kementerian yang mencakup Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Kementerian Riset & Teknologi & Pendidikan Tinggi, dan Kementerian Kebudayaan & Pendidikan Dasar & Menengah.

Beasiswa Lpdp. Photo courtesy of blogspot.com
Beasiswa LPDP ini sangat populer karena memang lingkupnya sangat luas. Penerima beasiswa LPDP bisa kuliah di dalam atau di luar negeri dengan menggunakan beasiswa LPDP. Kaitannya dengan beasiswa ini sudah banyak pelajar dan mahasiswa dari Indonesia yang membuktikan bahwa memang LPDP benar-benar memberika kesempata bagi siapapun untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik itu di dalam maupun juga di luar negeri. Sebelum pemohon pda akhirnya diberikan beasiswa ini tentu saja ada tahapan-tahapan seleksi yang harus dilewati sepert halnya beasiswa-beasiswa lainnya. Tidak sedikit juga yang pada akhirnya gagal mendapatkan beasiswa LPDP ini terlepas dei segala hal yang sudah disiapkan sebelumnya.

Nah, jika kamu berniat mengajukan permohonan beasiswa LPDP untuk melanjutkan kuliah, kamu harus benar-benar menyiapkan diri. Tentu ada banyak hal yang bsia kamu lakukan dan siapkan untuk mendukung keinginanmu mendapatkan beasiswa LPDP. Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi rahasia sukses mendapatkan beasiswa LPDP yang diutarakan langsung oleh orang yang sudah lolos seleksi dan mendapatkan beasiswa LPDP.

1. TOEFL atau IELTS (Seleksi Administrasi)

Tahapan paling awal dari seleksi beasiswa LPDP adalah bagian administrasi. Hal yang paling penting untuk diperhatikan dan disiapkan dalam tahapan ini adalah skor kemampuan bahasa Inggris yaitu bisa menggunakan TOEFL dengan skor 550 atau IELTS dengan skor 6.5. Selain hal tersebut juga harus dpastikan essay, surat rekomendasi, dan sangat dianjurkan sudah mendapatkan LoA telebih dahulu. Terakhir satikan formulir sudah diisi dengan lengkap dan seksama. Sangat mungkin kamu bisa tidak lolos seleksi administrasi hanya karena lupa mengisi satu bagian atau isiannya tidak sesuai.

2. Tentukan Tujuan Studi

Beasiswa LPDP memang akan menjamin pembiayaan studi yang akan kamu ambil, namun tentunya kamu harus sudah menentukan tujuan studi kamu terlebih dahulu ya. Dalam hal ini kamu bisa mencari informasi sebanyak mungkin tentang universitas dan juga jurusan atau bidang studi yang ingin kamu ambil. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa universitas yang kamu tuju ada dalam daftar universitas yang didukung oleh pembiayaan dari LPDP. Pemohon yang sudah diteria dan dibuktikan dengan adanya LoA akan lebih diprioritaskan dalam seleksi administrasi LPDP jadi ada baiknya kamu sudah mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi universitas terlebih dahulu.

3. Essay dengan Profil yang Menjual 

Bagian ini sangat penting untuk menunjukkantentang jati diri kamu kepada pihak penyeleksi dari LPDP. Pastikan apa yang kamu sampaikan dalam essay sudah benar-benar sesuai dengan kenyataan dan kondisi kamu dan juga jangan sampai lupa untuk menyatakan dengan jelas tentang hal-hal yang sudah kamu capai dan ingin kamu capai serta lakukan kaitannya dengan studi yang kamu ambil menggunakan beasiswa LPDP.

4. Surat Rekomendasi Super Kuat

Hal ini memang tidak benar-benar bisa kamu pastikan karena memang orang lain yang akan membuat surat rekomendasi tentang dirimu. Oleh karena itu kamu hanya bisa berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang berwenang embuat surat rekomendasi. Pastikan untuk meminta surat rekomendasi kepada orang-orang yang memang mengenalmu dengan baik dan bukan hanya sekedar mengejar pangkat saja. Misalnya kamu ingin meminta surat rekmendasi kepada dekan yang pangkatnya lebih tinggi dari dosen pembimbing skripsi. Justru seorang pembimbing skripsi akan lebih mengenal dirimu ketimbang dekan.

5. Ekspresikan Diri dalam LGD (Leaderless Group Discussion)

Tahapan lain dari seleksi beasiswa LPDP adalah LGD dimana beberapa kandidat akan disatukan dalam kelompok-kelompok kecil untuk membicarakan satu tema yang diberikan dari pihak penyeleksi. Dalam tahapan ini akan sangat penting untuk bisa menempatkan diri dengan semestinya. Peran yang sangat disarankan adalah moderator karena akan menunjukkan kemampuan memimpin dan mengatur rekan-rekan lain yang ada dalam grup diskusi tersebut. Kuncinya jangan terlalu pasif dan jangan kelewat aktif serta mendominasi.


6. Persiapkan Materi Wawancara

Seleksi tahap wawancara adalah yang sering dibilang sebagai yang paling sulit dan menakutkan dari seluruh proses seleksi beasiswa LPDP. Akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena banyak juga yang berhasil melewati tahap wawancara dengan lancar dan lolos seleksi LPDP. Intinya adalah kamu harus menyiapkan diri semaksimal mungkin dengan mempelajari materi-materi yang digunakan walam wawancara. Pastikan ketika menjawab pertanyaan kamu tidak mengungkapkannya secara umum tetapi sudah benar-benar terperinci. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari kejaran pertanyaan yang mengharapkan jawaban jelas serta terperinci.

Related Posts:

Official Line Ruang Baca Mugi Jaya

Official Line Ruang Baca Mugi Jaya
Follow